Bahan Bakar Alternatif

Sesuai dengan judul, tulisan ini berisi ide mengenai bahan bakar alternatif. di zaman yang serba memerlukan bahan bakar ini dan dengan isu kenaikan bbm. seharusnya penggunaan bahan bakar alternatif harus ditingkatkan. karna tidak mungkin kita selamanya menggunakan bahan bakar dari alam seperti minyak, batubara, gas alam dan sumber lain yang ketersediannya terbatas. Disamping itu penggunaan minyak bumi sebagai sumber bahan bakar menghasilkan polusi yang sangat merusak lingkungan.

di daerah jawa, sudah dikembangkan bahan bakar alternatif dari kotoran manusia yang diproses menjadi sumber pengganti gas dan minyak tanah untuk memasak. maka dari itu, kotoran kuda mungkin bisa diolah untuk menghasilkan gas. kotoran kuda bisa didapat dari pengguna keretek (andong) di daerah tempat tinggal saya, di Banjaran, kabupaten Bandung. keretek -begitu kami menyebutnya- dipakai sebagai kendaraan umum. memang polusi berupa asap tidak ada, tapi kotoran kudanya mengkotori jalanan, maka dari itu, jika kotoran kuda tersebut diolah dengan benar bisa menjadi bahan bakar alternatif sekaligus menjaga kebersihan jalan.

ini hanya ide yang berasal dari mahasiswa sarjana pendidikan, maka hanya didasari hipotesis dari contoh yang sudah ada, belum melakukan percobaanya. tidak mampu. jika ada yang sependapat, mungkin bisa direalisasikan.

Cimaung, inastaufiqah, 12.44 14 November.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s