Audisi Naskah Untuk Antologi Cerpen

Image

 

 

TEMA : Perjuangan Hidup

Assalamu’alaikum saudara-saudaraku di Tanah Air.

Apa kabar semuanya? Semoga Anda semua baik-baik saja ya. Langsung saja, dalam upaya untuk melestarikan rasa cinta menulis dan membaca di kalangan masyarakat Indonesia, dengan ini Baca Tulis bermaksud mengadakan proyek antologi cerpen yang bertemakan “perjuangan hidup”. Nantinya antologi cerpen ini akan dibukukan dan diterbitkan secara cuma-cuma alias GRATIS. Kontributor tidak dipungut biaya pendaftaran sepeser pun, hal ini dimaksudkan agar sejalan dengan misi kami— mengajak para pengguna jejaring sosial membiasakan budaya membaca dan menulis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera cantumkan namamu dalam karya. Bersiaplah terpampang di buku-buku yang penuh dengan goresan aksara.

Adapun beberapa persyaratan dan ketentuannya adalah sebagai berikut (tidak dipungut biaya pendaftaran sepeser pun):
Persyaratan:

  1. Copy-Paste pengumuman ini, lalu posting atau umumkan di blog, wordpress, facebook atau grup-grup kepenulisan lainnya (baik di facebook atau di luar facebook). Tag minimal 10 teman aktif di facebook, termasuk akun Baca Tulis. Untuk yang belum berteman dengan akun Baca Tulis, silahkan di add atau ikuti terlebih dahulu.
  2. Naskah diketik rapi dalam kertas ukuran A4. Dengan format huruf Times New Roman ukuran 12. Maksimal cerpen yang ditulis hanya diperbolehkan sampai 7 halaman.
  3. Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu cerpen. Dengan ketentuan maksimal hanya boleh mengirim 2 (dua) cerpen terbaiknya.
  4. Tidak semua cerpen yang masuk akan dibukukan. Akan dipilih nominasi cerpen terbaik yang akan kami bukukan.
  5. Naskah dikirim via inbox (akun Baca Tulis) dalam bentuk lampiran. Sertakan nama lengkap, tanggal lahir dan alamat lengkap di badan pesan, dengan hashtag #cerpen.
  6. Penerimaan naskah akan ditutup ketika kuota sudah mencapai 100 naskah.
  7.  Pengumuman naskah yang lolos seleksi/masuk nominasi untuk dibukukan akan diumumkan 2 hari setelah kuota sudah mencapai 100 naskah. Pengumuman dapat dilihat di akun kami atau di grup berikut: https://www.facebook.com/groups/BacaTulis99/?fref=ts

Ketentuan:

  1. Tujuh cerpen terbaik akan dijadikan “trailer book” layaknya trailer-trailer film yang bisa “ditonton” (dibaca) oleh para downloader di dunia maya, semuanya bisa didownload secara cuma-cuma. Sehingga nama-nama penulis yang masuk dalam kategori tujuh cerpen/cerpenis terbaik bisa lebih dikenal khalayak. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi para penulis Indonesia dalam berkarya.
  2. Bukti terbit akan dikirimkan dalam bentuk buku digital via inbox para kontributor.
  3. Bagi kontributor yang ingin memiliki buku (bukti terbit) dalam bentuk cetak, kami hanya mengenakan biaya untuk ongkos kirim ke masing-masing tempat para kontributor dan biaya cetak (Rp. 10.000,-). Selengkapnya silahkan inbox akun Baca Tulis dengan hashtag #cetak. Selanjutnya, tunggu konfirmasi balasan dari pihak kami.
  4. Bagi kontributor yang memiliki kepentingan bisnis atau menginginkan royalti dari karyanya yang dibukukan, kami memberi kebebasan untuk memasarkannya tanpa diharuskan membayar biaya sepeser pun. Pemasaran bisa dilakukan baik lewat blog, wordpress, forum-forum jual beli seperti [misal] kaskus, toko online, twitter, fanspage, facebook atau apa pun itu.
  5. Poin no. 4 akan dijelaskan setelah pengumuman nominasi cerpen terbaik diumumkan. Dan, hanya berlaku bagi para kontributor yang masuk nominasi/karyanya layak dibukukan/lolos seleksi.
  6. Semua penulis yang lolos seleksi karyanya atau pun yang tidak sama sekali akan tetap mendapatkan bukti terbit dalam bentuk “buku digital.” Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi dalam kesediaannya ikut berpartisipasi.
  7. Pihak Baca Tulis berhak menggugurkan keputusan jika di kemudian hari ditemukan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti [misal], karya merupakan hasil plagiasi/saduran, terjemahan, menyinggung hal-hal SARA, mengandung unsur pornografi, dsb.
  8. Keputusan pihak Baca Tulis tidak bisa diganggu gugat.
  9. Hak cipta sepenuhnya berada di tangan para penulis.

Demikian pengumuman “PROYEK ANTOLOGI CERPEN” ini kami sampaikan. Jadi, tunggu apalagi, segera kirimkan karya terbaik Anda. #Salam BacaTulis.
Proyek ini disponsori oleh pihak Penerbitan SPAI Digital Publishing (https://www.facebook.com/SPAIDigital?fref=ts atau follow @SPAI_Digital).

*Posting dari http://berbagi-lomba-nulis.blogspot.com/2013/11/menulis-cerpen-dapat-pulsa-dan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s