Pancasila? Berhala?

Saya duduk dikelas 3, lantai 3 jam 14.00 panas dan lapar. pelajaran PKN.

Orang-orang sibuk memperdebatkan pancasila sebagai berhala dan apapun istilah lainnya, sebut saja aku tak peduli dan tanpa nasionalisme, atau muslim tanpa iman yang kuat. mengapa kita harus menyebut pancasila sebagai berhala di zaman orba.

Adam malik berkata jika “bagi kita orang islam tidak ada yang lebih baik sebagai pegangan yang melebihi islam. Karena agama islam yang mengurus dunia dan akhirat, sedang pancasila hanya mengurus dunia saja”. Aku setuju dengan itu, tapi zaman orba -beri tau jika saya salah- ada istilah P4. buku yang saya diskusikan, berkata P4 memjadi satu alat memberhalakan pancasila, karna dalam konsep P4, semua masyarakat indonesia wajib memahami dan mengaplikasikan panvasila dalam kehidupan sehari-harinya.

Ketika dipertanyakan keberhalaannya, menjawab bahwa berhala itu maksudnya menjadi satu-satunya sumber hukum, bukan menjadi *tuhan*. oke, saya paham tentang itu, tapi bukannya, pancasila di zaman orba hanya menjadi alat pemerintahan mereka agar semua masyarakat tidak menentang pemerintahan, dengan kata lain menentang pancasila yang diyakini sebagai ideologi Negeri. jadi masyarakat pasti menyetujui apapun yang ditentukan pemerintah orde baru.

Yang saya ingin sampaikan, mengapa harus diperdebatkan, toh mau dulu ataupun sekarang, faktanya, hanya sedikit orang yang benar-benar meyakini pancasila.dan mengaplikasikan ssebagai ideologi. sisanya sekedar tau dan hanya acuh tak acuh.

Sekali lagi, sebut saja aku masyarakat yang tak punya nasionalisme, atau muslim yang tak memperjuangkan agamanya.

Tapi, orang-orang berdebat tentang pancasila dan agama.sebagai solusi untuk zaman sekarang, dan menyudutkan satu orang yang tak sependapat.

Entahlah, maksud saya berkata seperti ini, untuk menunjukan jika saya tak suka mendebtkan hal yang didunia nyata susah diaplikasikan, yang faktanya hanya menjadi omongan. meskipun untuk sekedar pembelajaran, tapi saya juga belajar untuk menjadi diri sendiri.

Sekian,
Diketik di hp ditengah-tengah perdebatan. Selasa, 14.39 dimata pelajaran PKn. membahas satu buku, *Dilema Mayoritas*

inastaufiqah

Leave a Reply

